Buku Pajak “E-Faktur: Mudah dan Cepat”

Judul Buku:

“E-FAKTUR : Mudah dan Cepat Penggunaan Faktur Pajak secara Online”

Penulis:

  • Dr. Nufransa Wira Sakti, S.Kom., M.Ec.
  • Asrul Hidayat, S.E.

Penerbit:

  • Visimedia, Jakarta (Desember 2015)

ISBN:

  • 979-065-261-5

PicsArt_1453627888525(1)

 

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang bersifat tidak langsung yang beban pembayarannya dapat dialihkan kepada pihak lain. Karena sifatnya yang tidak langsung, walaupun pihak yang membayar ke kas negara adalah pihak penjual, PPN dibayar oleh pembeli bahkan penanggung akhir bisa sampai kepada konsumen akhir. Dengan demikian, proses terjadinya penyerahan barang akan sangat banyak, dimulai bahan mentah, pemrosesan sampai menjadi barang jadi yang siap digunakan oleh konsumen.

Pada saat terjadinya transaksi atau penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) yang dilakukan oleh Wajib Pajak sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP), wajib dikeluarkan Faktur Pajak. Fungsi dari Faktur Pajak yaitu sebagai bukti pungutan pajak sebagai konsekuensi PKP dalam memungut PPN. Metode kredit pajak yang dianut dalam PPN di Indonesia mengakibatkan perlunya validitas dan akurasi data dari kedua belah pihak (penjual dan pembeli) agar dapat tercatat sebagai transaksi yang sah.

Setelah diujicobakan kepada beberapa Wajib Pajak di awal Juli tahun 2014 dan dilanjutkan dengan penerapannya di Jawa Bali pada tahun 2015, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mulai menggunakan faktur pajak secara elektronik yang dikenal dengan nama e-Faktur. Penggunaan e-Faktur akan dilaksanakan secara nasional pada tahun 2016. Aplikasi yang bersifat terpusat ini dikeluarkan oleh DJP untuk mengurangi beban administrasi pada saat dilakukan konfirmasi pajak masukan dan pajak keluaran. Bagi PKP, e-Faktur ini juga membantu Wajib Pajak dalam mengurangi beban kerja yang selama ini dilakukan secara manual.

Beberapa keunggulan dari e-faktur, antara lain: memudahkan PKP dalam mendapatkan nomor seri faktur pajak tanpa perlu datang ke kantor pajak. tidak ada kewajiban mencetak faktur dalam bentuk print out (hanya membutuhkan tanda tangan elektronik). Sedangkan bagi pihak pembeli, e-Faktur dapat melindungi dari penyalahgunaan Faktur Pajak yang tidak sah, karena e-Faktur dilengkapi dengan pengaman berupa QR code yang dapat diverifikasi dengan smartphone/HP tertentu.

 

Buku ini membahas tata cara penggunaan e-Faktur secara lengkap. Diawali dengan sistem perpajakan di Indonesia kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan kewajiban sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Bab ketiga membahas tentang pelaporan SPT masa PPN. Pada bab-bab terakhir buku ini membahas tentang hal-hal yang terkait dengan faktur pajak serta secara rinci mengenai tahapan-tahapan dalam pembuatan faktur secara elektronik (e-Faktur).

 

 

1 Komentar

Filed under buku pajak, e-commerce, Pajak

One response to “Buku Pajak “E-Faktur: Mudah dan Cepat”

  1. jual untuk ebooknya tidak pak ?
    kalo ada saya mau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s