Buku “Panduan Praktis Mengurus Pajak secara Online”

Dalam mengantisipasi lonjakan Wajib Pajak yang cukup banyak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengembangkan sistem pelayanan secara online. Kewajiban perpajakan yang dimulai dari mendaftar, membayar dan melaporkan pajak dapat dilakukan secara online melalui Internet. Layanan yang dapat diakses melalui situs resmi Ditjen Pajak (www.pajak.go.id) secara resmi menjadi saluran layanan yang memberikan banyak kemudahan kepada Wajib Pajak (WP).  Pendaftaran (e-registration), pembayaran (e-payment/e-billing) dan pelaporan (e-filing) juga memberikan efisiensi kepada DJP dalam mengelola administrasi perpajakan.

Dengan kemudahan yang diberikan, Wajib Pajak diharapkan dapat lebih meningkatkan kewajiban perpajakannya. Di samping itu, pembukaan saluran atau channel pelayanan ini juga dapat memberikan alternatif bagi mendaftarkan diri, membayar, dan melaporkan pajaknya. Fasilitas yang memberi kemudahan ini juga dapat mengurangi banyaknya antrean di kantor pajak pada saat jatuh tempo pemenuhan kewajiban pajak. Dapat dibayangkan, apabila jumlah Wajib Pajak semakin meningkat tajam dan harus melaporkan kewajiban pajaknya hanya di kantor pajak.

Agar dapat lebih mudah memahami mengenai pemenuhan kewajiban perpajakan melalui e-registration, e-payment dan e-filing, saya membuat buku “Panduan Praktis Mengurus Pajak Secara Online” Buku ini ditulis untuk lebih mensosialisasikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya secara online. Dengan informasi yang lengkap, diharapkan Wajib Pajak dapat lebih memahami mengenai kemudahan- kemudahan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

Selain bermanfaat bagi Wajib Pajak, buku ini juga berguna bagi para akademisi, mahasiswa, dan calon Wajib Pajak untuk mendapatkan informasi tentang tata cara pemenuhan kewajiban perpajakan secara online. Pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi bagi Wajib Pajak membuat semua pelaksanaan kewajiban pajak menjadi lebih mudah, murah, dan praktis sehingga dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.

Buku ini tersedia di akhir bulan Februari 2015.

Penulis : Dr. Nufransa Wira Sakti, S.Kom, M.Ec.

Penyunting: Zulfa Simatur

Penerbit : Visimedia

ISBN 979-065-233-X

Slide1

Tinggalkan komentar

Filed under Pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s