Time is knowledge

Waktu adalah satu-satunya yang berubah setiap saat tanpa terkendali. Tak ada seorangpun yang bisa mengendalikan waktu. Perencanaan dibuat berdsarkan waktu, namun segala macam perubahan dalam perencanaan bisa dikendalikan kecuali sang waktu yang terus bergerak. Sangat disayangkan apabila ada yang menyia-nyiakan waktu.

Dibalik itu semua, waktu juga memberikan banyak pengetahuan dan pembelajaran. Ada saat-saat dimana waktu memberikan kita pengetahuan. misalnya saja, pagi hari adalah saat yang tepat untuk melakukan presentasi atau meeting. Ketika pikiran masih jernih dan belum dibebani pikiran atau pekerjaan lain sebelumnya. Malam hari adalah waktu yang pas untuk merenung atau mengevaluasi kegiatan kita di hari itu.

Waktu jugalah yang memberikan kita batasan-batasan yang membuat kita berpikir dalam menjalankan aktifitas lainnya. Terkadang moment yang tepat memberikan kita banyak keuntungan dan bisa juga memberikan kita kerugian, terutama dalam pengambilan keputusan yang tepat. Contoh yang paling terkini adalah pengambilan keputusan ketika menghadapi krisis global di tahun 2008. Dalam wawancara wakil presiden Boediono dalam acara mata Najwa, pak Boediono menyatakan bahwa keputusan untuk menyelamatkan Bank Century adalah karena waktu yang sangat terbatas dalam suatu kritis yang didasari pengalamannya selama bertahun-tahun bekerja di bidang ekonomi. Keputusan yang diambil saat itu tidak bisa diukur dengan waktu hari ini. terlepas dari kasus hukumnya, waktu mempunyai peran penting di sana.

Karena setiap moment berbeda, maka keadaan dan situasinya juga berbeda. tidak ada satu kejadianpun yang sama dalam waktu yang bersamaan. Every second is counted and every second is knowledge. Tinggal bagaimana kita memposisikan setiap waktu itu akan berharga atau tidak berdasarkan pembelajaran yang diberikannya.

FRANS

Tinggalkan komentar

Filed under Daily life, Manajemen Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s