Surat terbuka untuk pak Jokowi, gubernur DKI

Pak Jokowi Yth,

Sebentar lagi bapak akan dilantik menjadi gubernur DKI. Suatu harapan baru yang digemakan oleh masyarakat Jakarta yang memilih bapak. Semoga bapak bisa menjalankan amanah itu dengan baik.

Ijinkan saya sebagai warga biasa untuk menyampaikan sedikit permasalahan yang ada di Jakarta dan berharap bapak bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Atau paling tidak mencari solusinya sehingga akan ada rencana untuk itu.

Yang pertama tentang disiplin berlalu lintas. Kenapa saya memilih disiplin berlalu lintas dan bukan masalah kemacetan? Karena menurut saya, masalah utama dari banyak kemacetan di Jakarta adalah disebabkan karena rendahnya disiplin berlalu lintas di Jakarta. Contohnya adalah kendaraan umum yang berhenti di sembarang tempat, motor yang melanggar semua rambu larangan termasuk lampu merah, mobil yang berebutan jalan, penyeberang jalan yang seenaknya dan lain sebagainya. Mengendarai kendaraan di Jakarta bagaikan masuk ke hutan belantara tanpa ada hukum dan norma. Keberingasan pengemudi sangat mudah menyulut pertengkaran atau meningkatkan stress warga ibu kota. Kalau saja disiplin berlalu lintas sudah tertata dan semua mentaati aturan hukum di jalan raya, semacet apapun semuanya masih akan dapat dilalui dengan rasa yang lebih tenteram.

Yang kedua adalah tentang premanisme yang terorganisir. Sekarang ini banyak sekali preman yang tergabung dalam organisasi tertentu yang dilindungi dalam bentuk ormas/organisasi masyarakat. Mulai dari pengatur jalan, sampai dengan penguasaan lahan parkir dan tempat hiburan menjadi tempat berebut rejeki mereka. Terkadang apabila sedang terjadi perang antar kelompok, maka masyarakat Jakarta juga yang menjadi korban. Tugas berat pak Jokowi untuk merangkul mereka agar dapat lebih menjadi terpantau dan tidak merugikan masyarakat.

Yang ketiga, penyediaan ruang publik secara aman, nyaman dan gratis bagi masyarakat. Saat ini, warga ibukota tidak mempunyai tempat yang nyaman apabila hendak menghirup udara segar. Yang paling sangat mendasar seperti tempat berjalan kaki atau trotoar saja sangat minim apalagi taman atau tempat bermain bagi anak-anak. Mall, pusat perbelanjaan dan pusat pertokoan menjadi tempat menghabiskan akhir pekan. Kebiasaan ini sangat tidak sehat , namun karena tidak ada pilihan lain maka terpaksa dilakukan. Taman bermain dengan naungan pohon rindang serta semilir angin yang segar sangatlah mahal bagi penduduk Jakarta. Mudah mudahan bapak sebagai gubernur yang baru dapat memenuhinya.

Yang terakhir pak, adanya peningkatan jumlah dan kualitas angkutan publik. Mungkin untuk hal ini bapak sudah punya rencana dan program selama masa kampanye, berarti tinggal mewujudkannya. Dengan adanya kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan fasilitas angkutan umum, masyarakat akan dengan senang hati beralih ke sana daripada menggunakan kendaraan peibadi.

Cukup empat itu saja pak. Hal lain seperti banjir, macet, kawasan kumuh dan tawuran pelajar pasti sudah menjadi catatan dan agenda bapak pada saat menjadi gubernur nanti. Saya yakin sekali bapak mau membaca surat terbuka ini dan menjadikannya sebagai masukan yang akan diperhatikan pemecahan masalahnya.

Terima kasih ya pak.

Jakarta, 13 Oktober 2012

Tinggalkan komentar

Filed under Daily life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s