Sahur artinya sepertiga malam

Seperti biasa, pulang ke rumah dari kantor selalu ditemani oleh acara radio di mobil. Hari Senin 6 Agustus 2012 kemarin ditemani oleh tausiah menjelang buka puasa di radio Sindo 104.6FM
Dari pemberi tausiyah diberikan pencerahan bahwa arti kata sahur adalah seperti tiga malam. Jadi bukan kegiatan makan menjelang subuh sebagai bekal untuk puasa. Makan dan minum memang dianjurkan dalam menghadapi puasa di siang harinya. Namun lebih dianjurkan lagi agar kita melakukan ibadah di sepertiga malam yang terakhir menjelang subuh.

Kenapa waktu seperti tiga malam itu sangat penting? Pada saat itu Allah mendatangi umatnya untuk melihat dan memperhatikan siapa yang sedang berdoa, memohon ampun, meminta maaf atas dosanya, meminta sesuatu dan lain sebagainya. Insha Allah semua itu akan dikabulkan. Pada sepertiga malam itu juga Allah menjanjikan kemuliaan bagi mereka yang beribadah dan bersujud kepadanya.

Tidak hanya pada agama Islam, ada juga kaum Nasrani yang melakukan peribadatan pada waktu menjelang fajar. Beliau mencontohkan Bunda Theresa dan gerejanya yang memulai peribadatan dengan doa pagi pada sekitar pukil dua pagi. Beberapa kaum kejawen juga menjalankan meditasi di waktu fajar karena pada saat itu adalah waktu yang bersih dan segar untuk berkonsentrasi.

Beberapa contoh orang terkemuka adalah mereka yang suka bangun pagi untuk melakukan sholat tahajud di waktu sahur. Juga kisah seorang anak SMA yang mendapatkan nilai sempurna dan menjadikan sholat tahajud sebagai bagian dari kehdiupannya.

Jadi, pada saat sahur, selain makan dan minum secukupnya, kita juga dianjurkan untuk melakukan sholat tahajud.

Jakarta,

Agustus 2012

Tinggalkan komentar

Filed under islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s