Belajar dari puasa di bulan Ramadhan

Berpuasa pada bulan suci menjadi suatu kewajiban bagi para umat muslim di seluruh dunia. Lalu apa yang bisa kita pelajari dari berpuasa ini? Tentu kita sudah banyak mengetahui berbagai hikmah Ramdhan yang dipandang dari aspek kesehatan, ketaqwaan, keimanan dan lain-lain. Sekarang akan coba dilihat dari sudut pandang yang sedikit berbeda, yaitu dari kehidupan sehari-hari yang tidak terlalu berat.

Kenapa kita merasa tidak kelaparan pada waktu puasa? Ketika hari-hari biasa, menjelang pukul 12 siang, pasti perut kita sudah menagih untuk minta diisi. Bahkan kadang jam 10 pagipun sudah mulai diawali dengan cemilan atau makanan kecil. Namun pada saat puasa, nafsu makan kita bisa kita tahan sampai tiba kumandang adzan Magrib. Apa yang membedakannya?

Sehari sebelum memulai puasa, kita membacakan “niat” untuk melakukan puasa pada esok harinya. Ternyata niat ini tidak bisa dianggap enteng. Begitu diucapkan, maka tertanamlah “rasa” bahwa besok kita akan puasa. Dengan niat ini pula kita menjadi kuat untuk menahan haus dan lapar pada saat puasa. Niat yang kita ucapkan seolah-olah menjadi senjata untuk berkomitmen dalam mengerjakan sesuatu. “Niat” sebaiknya disampaikan secara tulus agar mengena di hati, sehingga nyaman dalam melaksanakannya.

Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kita hendak mengerjakan sesuatu, kita bisa mengawalinya dengan niat di dalam hati. Berawal dari niat yang baik, pekerjaan akan lebih mudah dilalui. Tanpa disadari, niat yang baik menjadi bahan bakar yang menggerakkan hati kita dan mengubahnya menjadi energi positif dalam tindakan dan perilaku kita. Dengan berniat, kita sudah melangkah lebih awal dari pekerjaan/kegiatan yang dibebankan kepada kita sehingga akan mempermudah dalam penyelesaiannya.

Bulan Ramdhan sudah hampir pergi meninggalkan kita. Mudah-mudahan kita semua dapat mengambil banyak pelajaran kehidupan dari puasa yang kita lakukan.

Tinggalkan komentar

Filed under Daily life, Manajemen Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s