Menjelang Pulang ke Indonesia

Menjelang pulang ke Indonesia tanggal 30 Maret 2009, banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari membuang barang2 yang tidak diperlukan lagi, packing barang untuk dikirim, legalisir ijasah dan hal-hal kecil lainnya. Yang paling merepotkan adalah legalisir ijasah, karena harus ke Tokyo dan waktunya berdekatan sekali dengan kepulangan. Jadi dilakukan memakai pos, mudah2an diperbolehkan.

Yang paling memakan waktu adalah membuang barang-barang. Di Jepang membuang sampah sudah diatur waktunya. Kalau buang sampah yang bisa direcycle seminggu tiga kali, sampah plastik seminggu sekali, sampah kertas dua minggu sekali dan lain-lain. Jadi kalau telat buang sampah, harus menunggu jadwal berikutnya. Yang membuat repot adalah barang-barang seperti piring, gelas, sendok dan yang kecil-kecil. Karena harus dibuang sebulan sekali. Karena waktunya sudah lewat, terpaksa mencari teman yang mau menampung.Untuk TV, kulkas, meja, kursi, rak dan peralatan besar sudah ada yang mau menampung. Beruntung, karena membuang sampah besar itu harus membayar uang administrasi ke pemerintah daerah.

Sekarang kamar masih berantakan dengan barang-barang karena belum semua sempat dipacking dan dibereskan. Barang yang akan dikirim melalui kargo akan dikirim tanggal 24 Maret, berarti masih ada waktu seminggu lagi. Rasanya gerah juga melihat kamar yang berantakan tapi mau bagaimana lagi, semua memang masih belum bisa dibereskan secara total.

Yang paling menyedihkan menjelang pulang adalah undangan perpisahan dengan teman-teman. Pertemuan memang selalu ada akhirnya, tapi rasanya sangat tidak menyenangkan untuk mengucapkan selamat tinggal. Lebih baik mengucapkan sampai jumpa daripada selamat tinggal.

Meninggalkan Jepang khususnya Niigata juga membuat rasa haru. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa kembali lagi ke negara ini. Walaupun sekarang sudah bosan, pasti suatu hari nanti aka ada rasa rindu dan keninginan untuk mengunjunginya. Bila dijumlahkan ketika sekolah di Yokohama tahun 2000-2002 maka total tinggal di Jepang adalah 6 tahun, waktu yang cukup lama untuk dirindukan. Mudah-mudahan saja !

-menjelang 12 hari pulang ke Jakarta-

2 Komentar

Filed under Daily life

2 responses to “Menjelang Pulang ke Indonesia

  1. Wah senangnya yang sudah akan pulang,semoga semuanya lancar dan tiba di tanah air dengan selamat. Selamat bertugas kembali mas Frans.

    @Mas Brian, makasih yah doanya.ūüėÄ

  2. nining hari purwanto

    Frans,
    Salam kenal. Saya sudah tanyakan teman saya di KBRI, bisa kok minta legalisir ijazah per surat. klik http://www.indoensianembassy.jp or tlp. 03-3447-1697 ext 240 n 242. Bisa juga tanyaka Hidayat, staf Atase Pendidikan: 080-3506-7965. Logikanya – bayangkan kalau teman kita dr Okinawa or Sapporo harus ke Tokyo hanya untuk legalisir. Now, life is much easier khan? In the meantime, please accept my very best wishes.

    @Salam kenal juga mbak Nining. Terima kasih untuk informasinya yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s