Akhirnya selesai juga …

2 Februari 2009 kemarin adalah hari yang paling menegangkan. Sidang akhir untuk penentuan kelulusan S3 digelar mulai jam 16.25. Dari pagi perut sudah berasa nggak enak. Mungkin ini efek psikologis karena tegang atau rada stress menghadapi sidang. Kopi juga udah habis bergelas2.  Berkali-kali juga bolak balik ke toilet. Wah pokoknya segala model kepanikan ada deh bentuknya.

 Dari pagi sampai jam 10an melatih presentasi untuk sidang. Kira-kira poin apa yang penting untuk disampaikan. Setelah 3 kali latihan, istirahat dulu. Ngecek email, baca koran online dan surfing. Mencoba untuk sok santai dan rileks. Tapi perut tetap tidak bisa kompromi kayaknya. Kok rasanya seperti perih atau kembung. Mungkin gini rasanya yah masa-masa pra menstruasi pada wanita. Nggak tauk juga sih.

Jam 12an sholat dan makan siang. Makannya ramen yang halal beli di harashin. Tambah telor dan soshis. Enak sih, cuma kok jadi gak nafsu makan aja rasanya. Sambil terus baca-baca lagi yang mau dipresentasikan dan kira-kira apa yang mau ditanyakan oleh penguji. Abis itu kok ngantuk ya pengen tidur. Kayaknya sempat ketiduran 1-20 menit karena kecapekan.  Bangunnya pagi banget dan abis itu gak tidur lagi sih.

Jam 2an, tetangga partment, mahasiswa dari Myanmar  yang juga mau sidang akhir lewat depan rumah. Dia jadwal sidangnya jam 2.45. Uiih… makin tegang rasanya. Deg-degan udah berkali-kali dari tadi. Waktu kok lama banget rasanya. Pengennya cepet-cepet selesai aja biar bisa santai.

Jam 3 an lewat, berangkat ke kampus setelah sholat ashar. Belum bisa rileks juga. Mana kedinginan pula. Makin tegang aja. Abis itu nunggu deh di ruang deket tempat adminitrasi di lantai satu. Lumayan anget karena ada heaternya. Di situ juga banyak mahasiswa Jepang yang lagi duduk-duduk atau membaca. Sambil menunggu, mulut komat kamit melatih lagi apa yang bakal dipresentasikan.

Akhirnya jam 16.10 berangkat ke ruang sidang. Di sana menunggu sebentar. Nggak lama datang salah satu penguji, Sawada Sensei. Oleh beliau dipersilakan masuk ke ruangan. Ngobrol basa basi sebentar sambil menunggu penguji yang lain datang. Udah lewat 2-3 menit dari jam 16.25 kok 2 penguji yang lain belum datang yah? Gak lama datang Komamiya Sensei, dia bilang ujiannya di ruang yang lain di seberang. Woalah… salah toh. Untung kompak sama satu sensei yang salah juga.

Di ruangan akhirnya berkumpul semua tiga penguji plus Yamazaki Sensei.  Pertama-tama Komamiya minta untuk dijelaskan gambaran besar tentang disertasi, masalah yang dihadapi dalam riset, terus kenapa pilih topi itu. Mulailah menjelaskan apa yang sudah dilatih dari kemarin. Setelah selesai, mulai pertanyaan oleh sensei penguji.

Kayaknya yang paling banyak tanya malah Komamiya Sensei. Udah gitu pertanyaannya bener-bener yang gak diduga sebelumnya. Untung bisa menjelaskan dengan baik, walau sebenarnya mungkin dia cuma ngetest aja seberapa jauh pemahaman kita tentang merumuskan solusi suatu masalah.

Yamazaki sensei juga tanya beberapa hal tentang solusi masalah. Sepertinya dia juga memahami bahwa masalah ini melibatkan banyak negara terus menguji apakah bisa juga diterapkan di negara maju.  Hmm… boleh juga pertanyaannya. Jawabnya yah sesuai dengan dipelajari juga. Kalau Yamazaki Sensei nggak banyak tanya. Cuma tanya beberapa data yang berhubungan dengan Indonesia.

Over all, bisa menjawab semua pertanyaan dengan sukses tanpa kesulitan yang berarti.  Sampe bingung sendiri kok bisa yah.  Padahal udah bingung dan panik kalau sampe nggak bisa menjawab pertanyaan khan bisa mati kutu. Yah alhamdulillah, semua berkat kehendak Allah SWT. Sambil jalan menuju pulang ke rumah nggak habis2nya mengucap syukur kepada Allah. Entah kekuatan dan kelapangan pikiran dari mana sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan relatif mudah. Terima kasih ya Allah!

Terima kasih juga untuk my lovely wife yang sudah memberikan dukungan sepenuhnya, juga untuk anak-anakku yang selalu bertanya kapan papanya pulang. Pertanyaan2 itu memacu jadi semangat belajar. Juga untuk adik2 (Ricky, Ninoy, Putri), Papa serta semua keluarga dan teman2 yang sudah mengirimkan doa dan dukungan moril.

Yang paling spesial tentunya terima kasih untuk almarhumah Mama yang selalu mendukung sampai di akhir hayatnya. Mudah2an beliau bisa melihat dari atas sana dan bangga melihat putranya akhirnya bisa menyelesaikan sekolahnya.  I wish you were here Mom!

 Niigata@2009

4 Komentar

Filed under Daily life

4 responses to “Akhirnya selesai juga …

  1. Novrita

    Congratulation bung Frans….
    Ikut senang atas lulusnya anda.
    Salam kenal dari saya. Kebetulan anda sudah bisa menebak siapa teman chat profesor Nur.
    Kita semua ada di facebook…. Kalau bung Frans ada FB juga, please gabung dengan kami…


    >>Terima kasih Mbak Novrita. Salam kenal juga. Udah saya add FBnya.

  2. Selamat ya Mas Frans,PhD, semoga ilmunya semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara, selamat kembali ke tanah air bertemu keluarga tercinta, atau lanjut postdoc he2


    Terima kasih Dok.
    Sukses juga untuk pak Dokter Brian!
    Langsung pulang aja ah, nggak ambil post-doc😀

  3. Selamat atas kelulusannya. Nggak ada rencana ngambil post-doc?
    Ngomong2 happyou pake bahasa jepun? tanya jawab juga pake bahasa jepun?


    Terima kasih Yusahrizal-san
    Arigatou gozaimasu!
    Pake bahasa Inggris semuanya (hapyou dan tanya jawab)

    Rencananya akhir Maret pulang ke Jakarta.
    Nggak ambil post-doc.
    ^_^

  4. Wah, kayaknya saya bakalan kelimpungan nih tahun depan. Soalnya senseiku bilang selama ada seminar, gakkai atau hapyou didalam kampus harus pake bhs Jepang. Kalau luar kampus sih bebas. Mana bahasa Jepangku masih hancur lebur😥
    Gambaranakya ikenai…..😐

    —-

    Ganbatte ne Ando-ku !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s