2008, Tahun Yang Aneh??

SETIAP tahun, masyarakat Jepang memilih satu buah huruf kanji yang digunakan untuk menggambarkan keadaan pada tahun tersebut. Oleh panitianya, beberapa huruf kanji dipilih dan disebutkan alasan dari pemilihan kanji tersebut yang biasanya dikaitkan dengan kejadian penting yang terjadi di tahun itu. Kemudian masyarakat Jepang diberikan kesempatan untuk memilih salah satu dari kanji tersebut. Kanji yang paling banyak dipilih, menjadi pemenang dan diumumkan di kuil kuno Kiyomizudera , Kyoto. Untuk tahun ini dipilih kanji “hen” yang berarti aneh (strange).

Berdasarkan pengumuman resminya, kanji ini dipilih untuk menggambarkan hal yang tidak biasa (aneh) dengan terjadinya pergantian kekuasaan di pemerintahan yang terjadi berturut-turut di 2007 & 2008 serta runtuh dan merosotnya perekonomian Jepang akibat krisis finansial global.

Dalam bidang pemerintahan, tahun 2007 dan 2008 berturut-turut seorang perdana mentri mengundurkan diri. Setelah menggantikan PM Abe yang mengundurkan diri tahun 2007, PM Fukuda juga mengundurkan diri tahun 2008. Dia menjadi PM tersingkat (11 bulan) sejak 1994.

Masih dari pemerintahan, setelah tahun 2007 menteri pertanian Jepang  bunuh diri karena skandal keuangan, menteri pertanian pada tahun 2008 mengundurkan diri karena skandal beras yang tercampur pestisida.

Dalam bidang ekonomi, krisis global memang sangat terasa dampaknya di Jepang. Toyota untuk pertama kalinya merugi sejak 70 tahun terakhir. USD terdeprisiasi sampai di bawah 90 yen selama 13 tahun terakhir. Honda menarik diri dari sponsor F1.

Selain yang di atas, tahun 2008 ini memang ada beberapa kejadian aneh di Jepang. Misalnya kejadian penusukan massal oleh seorang pemuda yang frustasi di Akihabara (pusat elektronik Jepang). Sebelum membunuh korbannya, dia memberi pengumuman di Internet melalui telpon selulernya tentang rencananya tersebut. Lebih anehnya lagi, ada beberapa modus serupa mengikuti tren yang sama dengan kejadian tersebut.

Sekitar bulan September, pisang mendadak laku keras di Jepang. Awalnya ketika seorang artis yang bercerita di TV menjalani “diet pisang” dan berhasil menurunkan berat badan sampai 8kg. Caranya juga sangat mudah, sarapan dengan pisang, makan siang dan makan malam bebas. Makan malam/ngemil dibatasi hanya sampai jam 8 dan harus tidur sebelum jam 12. Alhasil, tak lama, pisang susah dicari dan harga pisang ikut naik. Tapi sekarang sudah normal kembali.

Di bulan Oktober 2008 ini ada yang menjual penutup dada (bra/BH) untuk pria di sebuah situs online. Lebih anehnya lagi, ya kok ada aja orang yang mau beli.

Dari satu huruf kanji yang sama biasanya juga dapat berarti dua atau lebih arti. Kembali ke kanji terpilih, selain berarti “strange”, kanji ini juga berarti “change”.  Tapi, anehnya, panitia pemilih kanji mengaitkan change ini untuk melambangkan kemenangan Obama dengan slogannya “Change”. Pemilihan huruf kanji yang kental dengan budaya leluhur tapi dikaitkan dengan Amerika.

Benar-benar tahun yang aneh di Jepang!

——–
Frans
@Niigata

——–

Baca juga di sini ….

Komentar Dinonaktifkan pada 2008, Tahun Yang Aneh??

Filed under Jepang

Komentar ditutup.