Karakter Orang Arab

Tiap malam Minggu, diadakan pengajian di mesjid kami. Yang memberi materi dilakukan oleh Khaled, mahasiswa Mesir. Pengajian biasanya dihadiri oleh teman-teman mahasiswa dari Indonesia, Malaysia dan Mesir. Saat ada beberapa mahasiswa muslim dari negara lain yang sedang berada di Niigata, mereka kadang menyempatkan diri untuk hadir.

Dari beberapa kali pengajian serta selama 3.5 tahun bergaul dengan teman-teman dari negara Arab seperti Mesir, Yaman, Lebanon dan lain-lain, mereka mempunyai karakteristik yang sama. Pertama, kalau berbicara biasanya dengan suara keras dan meledak-ledak. Kedua, mereka sangat suka berdiskusi dan berdebat panjang tentang suatu masalah. Ketiga, dalam mempertahankan pendapat, mereka cenderung untuk terus bertahan alias keras kepala agar pendapatnya diterima.

Kadang kalau mendengarkan mereka berdebat dalam bahasa Arab, seperti orang yang sedang berkelahi. Perdebatan benagsung panjang dan lama. Namun setelah selesai berdebat, mereka seperti biasa kembali. Seolah-olah tidak terjadi suatu apapun, tapi tidak tahu apa isi benak mereka masing-masing.

Sifat-sifat seperti ini cenderung ada pada orang Arab. Tidak heran, kalau terjadi konflik terus menerus di jasirah Arab sana. Keengganan mereka untuk mengalah seolah-olah mencerminkan kekerasan hati mereka. Di balik itu, mereka sangat menghormati keputusan yang sudah diambil walaupun harus mengalah. Mereka juga cenderung untuk tunduk pada keputusan yang diambil oleh pemimpinnya.

Dari situ semua, terpikir kenapa banyak agama lahir di tanah Arab. Mungkin Allah menetapkan mereka sebagai bangsa terpilih karena kekerasan dan kekuatan hatinya. Terpikir juga, kemungkinan apabila bangsa Arab sudah bisa beragama, maka seluruh dunia akan mengikutinya. Bukankah Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi?

11 Komentar

Filed under Daily life

11 responses to “Karakter Orang Arab

  1. Iyaaa saya setuju sekali dgn pendapat Anda. saya mmpunyai teman perempuan yg berasal dari UAE dan asli Arab. Jujur, dia suka sekali berdebat dan mempertahankan pendapatnya dgn begitu keras. Walau saya belum pernah berdebat dgn dia sih, hehe. Tapi justru hal itu yang mmbuat saya kagum dgn ketegasan dlm menyatakan pendapatnya (:

  2. hampir mirip dengan aku ,, he,, salam kenal mas

  3. afri

    di riyadh saya sdh bekerja selama 1,5 tahun di salah satu coffee shop yang cukup ternama. memang demikian kurang lebihnya karakter mereka, satu hal yang saya lihat adalah mereka sangat bangga dengan kebangsaannya, cenderung sombong dan arogan karna merasa tanah mereka kaya dengan minyak, meskipun tidak semua dari mereka seperti itu. semestinya mereka bisa lebih menonjolkan sifat keislaman yang di ajarkan rasul, apa jadinya jika ALLAH tidak menurunkan islam di arab, banyak cerita menjengkelkan tentang bagaimana mereka berperilaku saat saya harus berhadapan dalam melayani mereka sebagai tamu. kalo yang baik sopan sekali tapi kalo yang bejat kaya berhadapan dengan bukan manusia.

  4. Jeane

    He’em.
    klo yg baik, baikkkkk bget.
    setahuku, orang arab yg baik banget tu bicaranya lemah lembut n sopan (laki2 n prempuan).
    mreka akan mngatakan bahwa kita ga sopan jika kita meninggikan suara.
    klo mreka d bohongi skali saja, jangan harap akan d percaya lagi..

  5. delfi salha.a.f.

    betull , betull , betulllll bgtz thu :)
    pdhl sifat yg baik itu mengalah dlm hal k baikkan seperti NABI MUHAMMAD SAW

  6. betul banget tuh. calon ku yg orang lebanon juga keras kepala. dia beneran kekeh sama keputusan dia. dia juga susah buat ngrubah pendirian dia yang keras.

  7. saya

    bismillah.
    ana tinggal di yaman buat belajar agama, karakter indonesia umumnya mereka pemalu pengecut dan suka menyembunyikan isi hati, beda dg yaman mrk klo ada masalah tidak disimpan,secara umum mrk keras fisik tapi hati lembut,sesuai dg hadits nabi bhw org yaman adalah org yg plg lunak dan lembut hatinya.masyaAllah.

  8. betull.. Seperti sifat keluarga besar sy. Termasuk sy, tpi ttp ada campuran non arab. Jadi g smua ninggiin suara. Tpi bsa niruin. G suka debat, tpi pnter bicara. Jdi klo di ajak dbat bisa.

  9. ekka hamid

    emang orang arab klo bicara suaranya keras kaya orang mau berantem sma kaya suamiku maklum dia arab tulen heheheh

  10. kamela

    betul tapi tidak semuanya. saya orang arab juga dan rata2 ciri-ciri yang di sebutkan ada pada saya hehe, jangan heran kalo ketemu saya klo ngomong kayak teriak2, terlebih aba(ayah) saya. hati orang arab bukan keras tapi pendiriannya saja yang keras, hati mereka lembut. jika kalian berlaku baik pada kami, kami akan membalasnya yang lebih baik lagi :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s